Minggu, 24 Oktober 2010

eksperimen laboratorium

Seperti kelas laboratorium lainnya eksperimen adalah bagian sentral dari NOP. Kolom Experiments mengarahkan pada halaman awal, di mana eksperimen tertentu dapat dipilih sesuai kriteria berbeda. Kriteria ini termasuk kategori zat, jenis reaksi, cara kerja, dan tingkat kesusahan. Anda juga dapat mengambil daftar semua (sekitar 75) eksperimen yang tersedia di sini. Koleksi NOP terdiri atas dua kelompok eksperimen laboratorium: eksperimen pada modul pengajaran NOP (Lehrmodul) telah dioptimalisasi, dianalisis, dan dievaluasi secara ekstensif. Eksperimen laboratorium ini dimaksudkan sebagai standar dan mendemonstrasikan bagaimana reaksi kimia dapat dioptimalisasi dan dievaluasi bahkan dalam konteks pendidikan. Judul-judul semua eksperimen pada modul pengajaran NOP ditampilkan dengan latar belakang abu-abu. Untuk eksperimen lainnya data yang diperlukan untuk melaksanakan eksperimen secara aman disediakan, dan juga analisis lengkap produk-produk tersebut. Akan tetapi, eksperimen tersebut belum dioptimalisasi dan dievaluasi secara ekstensif. Mahasiswa dan pengajar diberi kesempatan untuk mengoptimalisasi dan mengevaluasi eksperimen tersebut dalam proyek-proyeknya sendiri.
Untuk setiap eksperimen halaman overview menampilkan persamaan reaksi, jenis reaksi, kategori zat yang terlibat dan cara kerja yang paling penting. Beberapa reaksi dapat dilaksanakan dengan cara yang berbeda dan bervariasi, contohnya dengan peralatan laboratorium klasik atau secara alternatif dengan oven microwave. Jika variasi alternatif reaksi tersedia, nomornya ditampilkan di bawah NOP-No. Nomor ini dihubungkan langsung dengan eksperimen yang bersangkutan.
Halaman untuk petunjuk menampilkan petunjuk sintesis dengan komentar hingga tiga batch sizes untuk eksperimen dalam modul pengajaran NOP, biasanya 10 dan 100 mmol. Prosedur untuk melaksanakan reaksi, purifikasi (pemurnian), dan pendaurulangan zat dibahas dalam bagian ini. Juga disebutkan waktu rata-rata untuk eksperimen, aspek yang mungkin mengalami gangguan, dan manajemen limbah. Komentar menggambarkan teknik-teknik yang digunakan dan bahan kimia. Untuk semua eksperimen petunjuk sintesis untuk semua batch size disediakan dalam dokumen PDF, beserta data analisis, komentar tambahan, prosedur pendek tentang manajemen limbah, dan daftar lengkap semua zat yang dibutuhkan. Dokumen PDF ini boleh di-print dan dipakai sebagai petunjuk di lab, di mana komputer dengan akses internet kadangkala sulit ditemukan.
Dalam skema pengoperasian, yang disediakan untuk semua eksperimen, bagan cara kerja ditampilkan beserta bagan material. Skema pengoperasian secara grafik juga merupakan ringkasan yang baik untuk menemukan target optimalisasi yang mungkin, contohnya dalam pendaurulangan atau pemrosesan limbah dan identifikasi produk tambahan.
Pilihan menu "substances" telah dibahas sebelumnya.
Pilihan menu selanjutnya, "equipment", menampilkan semua peralatan laboratorium yang diperlukan untuk eksperimen dengan foto untuk membantu mahasiswa pemula terutama mahasiswa asing untuk mengidentifikasi peralatan lab yang baru atau belum diketahui.
Pilihan menu "evaluation" mengumpulkan semua indikasi penting untuk reaksi seperti kapasitas (yield), ekonomi atom, efisiensi massa, massa zat yang dipakai dalam eksperimen dan massa zat yang dihasilkan/zat produk.
Beberapa eksperimen juga mempunyai teks evaluasi, yang mencoba mengintegrasikan kriteria berbeda untuk evaluasi, contohnya toksisitas (tingkat racun) zat yang digunakan atau dihasilkan, kapasitas yield), banyak limbah atau energi yang dipakai, etc. untuk evaluasi keberlanjutan yang lebih lengkap. Estimasi evaluasi juga diindikasikan oleh simbol rambu-rambu lalu lintas: lampu hijau menandai eksperimen yang efisiensi massa dan energinya sangat baik dan pemakaian zat-zat berbahaya minimal. Lampu kuning diberikan untuk eksperimen dengan beberapa resiko berkaitan dengan kesehatan manusia dan/atau lingkungan, dan juga bahwa dengan demikian harus dilaksanakan dengan derajat kehati-hatian dan keselamatan yang sesuai. Lampu merah memberitahukan aspek problematik eksperimen, yang mencuat dalam evaluasi bahaya. Untuk eksperimen jenis ini usaha preventatif tentang keselamatan yang ekstensif harus dilakukan dan eksperimen harus dioptimalisasi âĂŞ atau bahkan diganti dengan eksperimen lain yang kurang berbahaya. Jika symbol menunjukkan tanda tanya, eksperimen dapat dipakai sesuai dengan kriteria NOP (contohnya tidak ada zat berkadar racun tinggi, mencemari lingkungan, atau persisten dipakai atau dihasilkan dalam eksperimen, efisiensi massa dan energi dapat dioptimalisasi dan menggambarkan jenis reaksi penting dalam kimia organic). Resiko potensial untuk kesehatan manusia atau lingkungan telah ditelaah dengan evaluasi data ketersediaan data dan klasifikasi sesuai factor efek, ungkapan resiko, ungkapan keselamatan, nilai TLV, dan kategori polusi air. Untuk zat yang belum menjadi bagian dari modul pengajaran NOP, data tambahan seharusnya dicari oleh mahasiswa. Dengan cara ini mereka dapat melatih kemampuan/skill mereka dalam mengevaluasi potensial bahaya bahan kimia dengan sendirinya. Semua eksperimen dengan lampu merah dan yang tanpa evaluasi lengkap dapat dipakai dalam pelatihan kelas laboratorium jika langkah keselamatan yang diperlukan diaplikasikan.
Pilihan menu "analytics" menampilkan dalam kebanyakan kasus sebuah kromatogram (GC atau HPLC) dari bahan mentah dan produk yang telah dipurifikasi beserta data kromatografik. Untuk identifikasi spektroskopik, spektrum resonansi nuklir magnetic proton dan 13C NMR dan juga spectrum inframerah diberikan. Spektrum ini juga biasanya disediakan untuk bahan mentah dan juga produk yang telah dipurifikasi. Spektrum dalam modul pengajaran NOP juga kebanyakan diberikan dalam bentuk interaktif, berdampingan dengan model 3-D produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar